Kamis, 04 April 2013

Terkalahkan oleh Kepentingan, Kekuasaan dan Uang

Lima tahun yang lalu saya pernah membuat tulisan yg berjudul rame2 jual diri menjelang pemilu di blog saya yg dl, dimana saya publish kembali di blog ini...
Dimana waktu itu saya belom total terjun ke politik, kala itu masih aktif di organisasi mahasiswa, gerakan mahasiswa dan beberapa LSM.
Saya sering mengkritisi parpol, caleg2 maupun penyelenggara pemilu, tp hanya sebatas tulisan dan diskusi kecil di antara teman2....
Setelah 5 tahun berproses dan belajar politik....akhirnya  saya bergabung ke salah satu parpol,mendapatkan kedudukan yg lumayan diparpol utk saya yg baru ikut bergabung dan ikut mencalonkan diri sebagai anggota legislatif tingkat 2....
Dengan bermodalkan intelektualitas dan kepercayaan penuh...rasa optimis pun muncul, ditambah lagi dukungan masyarakat sekitar,keluarga,sodara dan teman....
Tapi ternyata....., perjalanan karir politik ini nggak semudah yg dibayangkan....., karna ternyata sistem "seperti dulu" masih berlaku dikalangan masyarakat bawah. Politik uang, Kekuasaan, Tipu daya, dll, masih ada.........
Ditambah lagi persaingan yang kurang sehat antar kader di internal parpol sendiri dimana kita sama2 menjadi caleg dalam 1 daerah pemilihan....., ancaman, isu yg menjatuhkan nama baik akhirnya saya alami....
Intelektualitas itu ternyata tidak cukup utk menjadi modal di kalangan masyarakat bawah kita, Uang dan Kekuasaan masih menjadi faktor yang utama. "tokoh" entah itu dia preman dan orang kaya, kemungkinan besar bs mendapatkan dukungan,meskipun intelektualnya kurang.
Saya harus belajar lebih banyak lg tentang fenomena politik ini....,lebih banyak mengerti dan lebih memahami situasi dan kondisi yang ada...
Akhirnya, saya terkalahkan oleh kepentingan,kekuasaan dan uang. dan dengan penuh pertimbangan, saya memutuskan untuk mundur tahun ini menjadi calon anggota legislatif tingkat 2.......,meskipun saya rugi materi dan non materi, tp tidak apa2....,sebuah perjuangan yg mulia memang membutuhkan pengorbanan.
Pemilu yang akan datang...., saya msh berharap utk bs mengambil  kekuasaan dan memperjuangkan aspirasi rakyat tingkat bawah......
Sekarang saat belajar politik mulai dari struktur tingkat bawah dan berkarir sampai tingkat atas....,ketika sudah matang.......baru maju menjadi caleg....
Astungkara....., ketika niat sudah tulus dan baik.....hasilnya pasti akan baik...
"Politik itu memang kejam, utk itu mari kita pahami dan sedikit tidaknya tau apa itu politik...,jangan anti terhadap politik, karna kalo kita antipati maka kita akan tergilas oleh oknum2 yg memanfaatkan politik utk kepentingan pribadinya"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar